Jumat, 10 Oktober 2014

Sistem Terdistribusi

Definisi dan contoh Sistem Terdistribusi
DEFINISI :
Sebelum menjelaskan tentang definisi dari sistem terdistribusi, saya akan menjelaskan lagi tentang apa itu sistem. Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu tujuan tertentu.
Sedangkan definisi dari sistem terdistribusi adalah sebuah sistem dimana komponen software atau hardware-nya terletak di dalam jaringan komputer dan saling berkomunikasi menggunakan message passing (Message passing adalah sebuah teknik untuk melakukan sinkronisasi dan komunikasi antara proses-proses yang saling berinteraksi). Ada juga yang mengatakan Sistem Terdistribusi adalah sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komponen yang terdapat di dalam sebuah jaringan komputer. Komponen-komponen tersebut saling berinteraksi dan berkomunikasi hanya dengan melalui pengiriman pesan.
Contoh Sistem Terdistribusi :
·         Internet.
·         Mobile Computing.
·         Sistem Otomasi Bank.
·         Deteksi Roaming Pada Telepon Seluler.
·         GPS (Global Positioning System).
·         Retail Point-of-Sale Terminals.

PENJELASAN :
Internet
·         Jaringan komputer dan aplikasi yang heterogen.
·         Mengimplementasikan protokol Internet.

Intranet
·         Jaringan yang teradministrasi secara local.
·         Terhubung ke internet melalui firewall.
·         Menyediakan layanan internal dan eksternal.

Mobile Computing (Sistem Komunikasi Telepon Seluler)
·         Menggunakan frekuensi radio sebagai media transmisi.
·         Perangkat dapat bergerak kemanapun asal masih terjangkau dengan frekuensinya.
·         Dapat menghandle/dihubungan dengan perangkat lain.

Contoh lain Sistem Terdistribusi
·         Sistem Telepon : ISDN, PSTN.
·         Network File System (NFS). (Arsitektur untuk mengakses sistem file melalui jaringan).
·         www. (Arsitektur client server yang diterapkan dalam infrastruktur internet).

A.   Karakteristik Sistem Terdistribusi

Dalam sistem terdistribusi terdapat beberapa karakteristik, yaitu :
1.      No global clock
→      Terdapat batasan pada ketepatan proses sinkronisasi clock pada sistem terdistribusi, oleh karena asynchonous message passing
→      Pada sistem terdistribusi, tidak ada satu proses tunggal yang mengetahui global state sistem saat ini (disebabkan oleh concurrencydan message passing)
2.      Independent failure
→        Kemungkinan adanya kegagalan proses tunggal yang tidak diketahui
→        Proses tunggal mungkin tidak peduli pada kegagalan sistem keseluruhan
3.      Concurrency of components
→        E.g. Beberapa pemakai browser mengakses suatu halaman web secara bersamaan.

B.   Contoh Sistem Terdistribusi

Contoh Sistem Terdistribusi yang terdapat dalam kehidupan sehari – hari adalah sistem ATM Bersama yang digunakan oleh beberapa bank nasional di indonesia. ATM Bersama adalah jaringan ATM pertama yang beroperasi di Indonesia, yang awalnya menghubungkan duapuluh satu bank di Indonesia. Jaringan ini didirikan oleh PT Artajasa Pembayaran Elektronis pada tahun 1993 dengan mengadopsi model dari MegaLink, jaringan ATM di Pilipina. Saat ini jaringan ATM Bersama memiliki 75 anggota.
ATM Bersama menyediakan banyak fasilitas termasuk cek saldo, penarikan tunai dan pemindahan dana secara online seketika ke rekening lain dari sesama anggota jaringan ATM Bersama. Pada tahun 2004 Artajasa membuat jaringan ATM Bersama lintas perbatasan dengan menggandeng rekanan jaringan ATM MEPS di Malaysia untuk melayani pekerja-pekerja dari Indonesia, pelajar yang tinggal disana juga para wisatawan. Singapura dan Thailand juga sudah terhubung dengan jaringan ATM bersama melalui NETS dan ITMX.
Sistem ini tergolong sistem terdistribusi karena ketika seorang nasabah sebuah bank (yang tergabung dalam jaringan ATM bersama) hendak melakukan transaksi pada sebuah gerai ATM namun gerai ATM bank yang digunakan tidak tersedia di daerah dimana nasabah itu berada atau tidak dapat digunakan, maka nasabah tersebut dapat menggunakan ATM yang tergabung dalam jaringan ATM bersama. ATM bersama bisa diidentifikasi dari gerai ATM yang terdapat logo ATM bersama. Selain pada gerai ATM, logo ATM bersama juga terdapat pada kartu ATM.


 Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar